Internet yang Benar-benar Berguna

Belakangan ini saya begitu menikmati kemudahan dalam mendapatkan buku-buku bermutu yang sampai saat ini masih sulit untuk mendapatkan versi aslinya. Sulit mendapatkan bagi saya, selain karena harus membelinya dengan harga dolar di toko buku import, tentu saja saya sudah bukan mahasiswa lagi yang dapat saling berbagi dengan teman-teman untuk memfotokopinya, seperti yang dulu sering saya dan teman lain biasa melakukan. Pembajakan? Yah, kalau melihat isi kantong yang cekak dan nafsu mendapatkan ilmu yang cukup tinggi, hal demikian memang cukup dilematis.

Teknologi informasi, terutama internet, saat ini memudahkan siapapun untuk mendapatkan sumber-sumber informasi dengan lebih mudah. Jauh lebih mudah daripada 12 tahun lalu ketika saya masih mahasiswa. Dan pisau bermata dua itu--yang bernama internet--dapat sangat bermanfaat, pun dapat menjadi sampah, tergantung pilihan mana yang kita ambil.

Saya biasa mendapatkan buku-buku bermutu melalui teknologi torrent dan website scribd.com. Secara umum, jika ingin mendapatkan buku atau informasi dapat saja kita mencarinya dengan bantuan mesin pencari macam google atau yahoo. Namun dua hal dimuka yang paling sering saya gunakan.

Saya memahami torrent sebagai teknologi jaringan dimana komputer yang saling terhubung seluruh dunia ini bisa saling berbagi file kepada siapa pun. Jenis file yang dibagi pun bermacam-macam, mulai dari dokumen biasa yang dihasilkan oleh aplikasi perkantoran, foto, buku, hingga film. Orang-orang yang sudah mengunduhnya secara lengkap lalu membiarkan komputernya sebagai server sehingga komputer-komputer lain dapat mengakses file yang sudah tersimpan. Semua komputer berfungsi sebagai server dimana file bersumber untuk diunduh. Kecepatan mengunduh pun ditentukan seberapa banyak komputer yang mengunduh dan seberapa banyak komputer yang berfungsi sebagai sumber (atau server). Juga, seberapa dekat jalur jaringan komputer yang menyediakan file untuk diunduh. Untuk dapat mengunduh dan membagikan file, komputer kita harus memiliki atau menjalankan aplikasi torrent client. BitTorrent adalah salah satu aplikasi yang biasa saya pakai.

Informasi mengenai file-file torrent yang dapat kita unduh ada terdapat di beberapa website yang menyediakan. Baik file yang gratis maupun yang berbayar. Berbayar atau gratis tentunya tergantung pada penyedia file tentu saja. Namun tenang saja, ada banyak file yang diberikan secara gratis yang memanfaatkan teknologi ini. Website yang biasa menjadi rujukan saya adalah Mininova. Kita tak perlu mendaftar untuk menjadi anggotanya. Informasi semua jenis file tersedia di sana.

Scribd.com adalah website yang menyediakan tempat untuk berbagi file dokumen bagi semua penggunanya. Untuk dapat menggunakan, terlebih dahulu kita harus mendaftarkan diri. Ini pun gratis. Kita hanya mendaftarkan akun yahoo kita dan memberikan password yang kita pilih untuk bisa masuk ke dalamnya. Setelahnya, kita bisa mengambil dokumen atau buku yang kita butuhkan dan juga berbagi dokumen dan buku yang kita miliki.

Untuk kedua hal di atas, saya hanya dapat mengatakan bahwa internet adalah teknologi yang benar-benar berguna bagi saya. Bagaimana menurut Anda?

6 comments

  1. Heryan Tony  

    March 30, 2009 at 5:04 PM

    Wah...Bagus juga. Makasih Pak infonya.

  2. Herman  

    March 30, 2009 at 5:16 PM

    Sama-sama Tony.

  3. yenni  

    April 9, 2009 at 9:39 PM

    Nah...ketemu juga!
    Kemaren2 aku sempet nyari info yang ginian...eh pucuk dicinta ulam pun tiba :)

  4. Herman  

    April 10, 2009 at 7:47 PM

    Terima kasih bu Yenni. Senang mengetahui kalau postingan ini bermanfaat untuk orang lain. :)

  5. Bayu Dardias  

    April 17, 2009 at 6:05 PM

    Bagaimana dengan hak cipta?

  6. Herman  

    April 20, 2009 at 6:19 PM

    Bayu,

    he he he.... aku bingung kalau kamu mengajukan pertanyaan ini. Soale di Australia pembajakan tentunya beda dengan di tanah air.

    Sementara ini, aku belum menemukan buku-buku yang baru terbit dan langsung ditaruh di Mininova. Tapi kalau software di torrent, banyak sekali yang baru release dah nongkrong. Khusus untuk software, aku berharap orang-orang tidak mengambilnya untuk diperdagangkan. Aku sendiri terus berusaha untuk menggunakan F/OSS daripada terjerat hukum karena pelanggaran hak cipta.

Post a Comment