Quran in Word

Bulan ini saya disibukkan dengan proses penerbitan buku hasil program kerjasama dengan institusi agama, yakni institusi Islam (Muhammadiyah dan NU), Katolik dan Protestan. Karena masing-masing institusi agama menghasilkan satu buku, maka total ada 4 buku yang akan terbit. Isinya mengenai peran institusi agama dalam mengurangi kasus kekerasan terhadap perempuan. Targetnya, peluncuran buku akan berlangsung pada 14 Januari 2009, serta akan dihadiri oleh para pemimpin dan tokoh agama, baik di tingkat Pusat maupun di daerah-daerah.

Kesulitan terjadi saat naskah dari tim NU yang sedang digarap layout-nya oleh teman saya mas Agus. Naskah ini berantakan, terutama di bagian ayat-ayat Al-Qur'an. Padahal naskah itu terlihat baik-baik saja di komputer saya. Barangkali karena menggunakan OpenOffice.org 3.0 untuk membacanya, jadi tak ada tampilan yang aneh-aneh.

Saya mencoba membuka file itu di rumah, di komputer yang biasa digunakan istri mengetik tulisan Arab untuk bahan pengajaran di sekolahnya. Ternyata setting Arabic di sistem operasi "jendela" bikinan Mikocok Microsoft itu tak mampu juga mengatasi kerumitan ini.

Pada akhirnya saya ketahui, kemungkinan besar penulis dari tim NU menggunakan software tambahan di pengolah kata, yakni Quran in Word. Program buatan Muhammad Taufiq ini menjadi menu tambahan di sisi atas paling kanan setelah "Help". Saya pun meng-install-nya. Ternyata berhasil, tulisan itu tidak lagi terlihat berantakan. Dan... proses layout pun berlangsung dengan baik.

Quran in Word
tersedia dalam bahasa Indonesia, Malaysia, bahkan dalam English version. Bagi Anda yang tertarik ingin mencoba program ini, silahkan unduh di sini.

2 comments

  1. Survei  

    December 25, 2008 at 8:09 AM

    Pak Herman, ini kunjungan balasan.. :D
    Sekarang sibuk dimana?
    Boleh kalo ada peluang kerjasama. Jzkh

    *Hermawan

  2. Heryan Tony  

    December 30, 2008 at 1:23 AM

    Kemungkinan pada waktu penulisan tidak digunakan pilihan 'unicode' seperti pada versi terdahulu fasilitas ini belum ada, tapi versi sekarang seperti di atas lebih lengkap dari sebelumnya sehingga font yang digunakan bisa dipilih sesuai dengan font arab yang dipasang di windows.

Post a Comment