Youtube di Ubuntu

Akhirnya saya berhasil memunculkan Youtube di Ubuntu. Sejak beberapa bulan terakhir menggunakan sistem operasai Ubuntu, saya mengalami kesulitan melihat tampilan flash video yang ada di Youtube. Biasanya saya mengunduh beberapa video itu ke hardDisk untuk saya mainkan sendiri tanpa terkoneksi ke internet. Mengunduhpun tidak di jam sibuk di kantor, tapi di sore hari saat waktu kerja telah resmi usai (di atas pukul 17.00 WIB). Belakangan saya tidak berhasil melihat seperti apa video itu karena memang tidak muncul di perambah firefox. La, gimana mau mengunduh kalau tidak tahu seperti apa videonya?

Tiga hari lalu saya coba meng-install Adobe Flash Player (dulu diproduksi Macromedia, namun sekarang diakuisisi oleh Adobe) sebagai plugin untuk memutar file berekstensi SWF. Namun ternyata masih juga tidak bisa melihat tampilan video di Youtube. Kesal juga jadinya. Akhirnya, saya coba cek daftar program flash player di Synaptic Package Manager. Adobe Flash Player telah ter-install dengan baik. Ada pula gnash SWF Player yang sudah default tersedia bagi Ubuntu. Saya putuskan untuk meniadakan gnash. Uninstalled. Lalu saya buka Youtube. Di luar dugaan, video di sana bisa diputar dengan baik.

Karena penasaran, akhirnya saya cek di mesin pencari google mengenai hal ini. Dapatlah tautan ke topik tentang gnash vs Adobe Flash di Ubuntu Forum, yang sebenarnya saya juga telah menjadi anggotanya. Tertawa sendiri jadinya. Ternyata, teman-teman pengguna Ubuntu telah lebih dulu berhasil bereksperimen memecahkan masalah ini. Saya saja yang jarang main ke forum itu.

"Sering-seringlah berkomunikasi dengan pengguna lainnya". Kira-kira itulah hikmah dari pengalaman saya hari ini.

5 comments

  1. andesper70  

    August 6, 2008 at 2:55 PM

    Suka main di os linux juga ya? wah pacak konsultasi ame luk itu

  2. Herman  

    August 6, 2008 at 2:59 PM

    Baru belajar boss :)

  3. bank_al  

    August 6, 2008 at 8:30 PM

    KP sekarang pake usus buntu Man?

  4. Herman  

    August 7, 2008 at 11:07 AM

    Ha ha ha... usus sapi di RM Padang saya suka Bang Al.

    Di KP baru aku yang pake Ubuntu. Selain itu, hanya servernya yang pake Linux :)

  5. andesper70  

    August 7, 2008 at 12:09 PM

    Palaing gak kalau dah pakai Ubuntu, masalah virus udah gak buntu lagi ya ga...:D

Post a Comment