Menginstal TTF di Hardy Heron

Sebagai pengguna Linux pemula, terutama Ubuntu, saya mengalami kesulitan amat sangat untuk installing TTF fonts yang ada di "Jendela" ke Ubuntu. Saya coba tutorial dari beberapa orang yang ada di internet, namun tidak berhasil. Bahkan cara paling mudah yang diceritakan teman saya, Fetro, ternyata tidak bisa dan tidak berlaku untuk Hardy Heron.

Terus terang, baru Hardy Heron yang saya instal dan utak-atik sendiri untuk sistem operasi Linux. Sebelumnya saya hanya menggunakan dan mengamati saja komputer milik teman. Ada kiriman beberapa CD Ubuntu dari Belanda, termasuk Edubuntu dan Kubuntu yang saya terima. Semuanya versi lama yakni 6.10 dan 7.10. Bahkan ada juga Ubuntu Moslem Edition yang saya unduh dari salah satu server di tanah air setelah tahu dari mas Feri. Saya hanya mencoba-coba dengan Live CD.

Setelah mengikuti peluncuran Hardy Heron di Air Putih, saya bulatkan tekad untuk mengganti sistem operasi komputer di kantor dari "Jendela" ke Ubuntu. Kenapa komputer kantor? Karena setiap hari aktivitas saya selalu menggunakan komputer, kantor sejak hampir 3 tahun berencana beralih ke Open Source namun tidak jua terlaksana karena ketakutan beralih ke sistem operasi yang sama sekali baru, serta saya yakin dengan cara mengubah sistem operasi komputer saya sendiri tentunya akan mempengaruhi teman-teman saya yang menggunakan tidak kurang dari 50 komputer desktop dan laptop untuk sedikit demi sedikit mengenal Linux.

Setelah beralih ke Ubuntu, satu demi satu teman saya mulai berkenalan dengan linux. Mau tidak mau ketika saya tidak berada di tempat, dan mereka akan mencetak dokumen pada mesin cetak yang ada di komputer saya, maka mereka akan melihat hal yang berbeda. Lalu saya pun men-set up jaringan supaya dapat berkomunikasi dengan komputer lain yang masih menggunakan "Jendela". Hasilnya, saya bisa berbagi file dengan mereka, bisa mengambil file dari komputer lain, serta bisa membuktikan bahwa teman-teman saya bisa mencetak dokumen dari komputer mereka di komputer saya.

Meski mendapatkan banyak panduan Ubuntu dari dunia maya, saya pikir saya harus berterima kasih banyak pada teman saya Imron "Roim" Fauzi dari Air Putih, yang telah begitu sabar memandu saya melalui instant messenger. Tidak sia-sia kerja kawan-kawan di Air Putih dan komunitas open source di tanah air untuk meluaskan penggunaan Open Source. Tinggal sekarang saya yang pelan-pelan meng-agitasi teman-teman di sekeliling saya untuk beralih ke Linux. Terserah, mau Ubuntu kek, Xandros kek, Open Suse kek, atau bahkan Inul Linux sekalian, yang penting Open Source. Dari pada membajak, hayo...

Untuk keberhasilan ini, saya berterima kasih pada Tom yang sudah berbagi cara menginstal TTF. Untuk Anda yang menggunakan Hardy Heron dan mau menginstal TTF fonts tapi belum juga berhasil, silahkan mengikuti panduannya di sini.

4 comments

  1. fetro  

    July 1, 2008 at 8:32 AM

    Wah ternyata banyak yang baru ya di hardy heron, udah Jadul nih si Gibbonku. Jadi pengen segera nyoba, dah dapet dari Shipit tapi belum diinstall.

    Udah punya DVD reponya HH gak?

  2. Herman  

    July 23, 2008 at 7:07 PM

    Udah dapat DVD Repo-nya?

    Kemarin sepulang kerja, di Cawang aku melihat iklan PC Media edisi terbaru. Ada bonus 11 distro Linux terpopuler yang mereka sertakan di dalam DVD yang menyertai majalah itu. Menarik sekali.

    Hidup Open Source :)

  3. ade ferianty  

    July 30, 2008 at 1:45 PM

    Aku buta linux dan ubuntu.
    Pernah pas harus presentasi ke luar kota (cuma pergi sama sopir fakultas) ternyata yg terbawa adalah laptop yg diinstal ubuntu itu (ada 2 di kantor, dan biasanya aku pake yg xp)... pusing sendiri jadinya...sampe telpon tekhnisi kantor untuk panduan make laptop-nya itu ;p

    Bukannya sadar dan belajar, aku malah jadi 'alergi' sama ubuntu ^___^ salut buat kalian yg terus belajar... aku nyusul deh kapan2 :)

  4. Herman  

    July 31, 2008 at 10:45 AM

    Loh, Ade harus segera menyusul. UGOS itu adalah proyek luar biasa di UGM. Bahkan panduan Ubuntu dan Linux lainnya di UGM menjadi salah satu acuan terbanyak di tanah air. Banyak orang yang meng-unduh file dari server UGOS selain dari server Kambing UI.

Post a Comment